Kehidupan surga merupakan suatu harapan yang didamba-dambakan oleh setiap manusia. Bayang-bayang kenikmatan surga banyak digambarkan oleh Allah SWT dalam Al-Qurโan sebagai balasan bagi siapa saja yang iman dan patuh kepada-Nya. Namun, ada sebagian kecil manusia yang cinta dan patuh kepada-Nya tidak lagi mendambakan surga, melainkan suatu nikmat yang lebih besar dari itu, yaitu โmelihat Allahโ (ruโyatullah).
Salah satunya adalah Rabiโah al-Adawiyah (W 135 H), seorang wanita yang terkenal taat dalam beribadah, dalam syairnya ia berkata :
ุฃูุญูุจูููู ุญูุจููููู ุญูุจูู ุงููููู ... ููุญูุจููุง ูุฃููููู ุฃููููู ููุฐุงูุง
ูุฃู
ููุง ุงูุฐู ููู ุญูุจูู ุงูููู ... ููุดูุบูููู ุจุฐูุฑูู ุนูู
ูููู ุณููุงูุง
ูุฃู
ุง ุงูุฐู ุฃููุชู ุฃูููู ูููู ... ููููุดููููู ูู ุงูุญูุฌูุจู ุญุชููู ุฃูุฑุงูุง
ูููุง ุงููุญูู
ูุฏู ูู ุฐุง ููุง ุฐุงูู ููู ... ููููููู ูููู ุงูุญูู
ูุฏู ููู ุฐูุง ูุฐุงูุง
Aku mencintai-Mu dengan dua cinta, cinta karena rindu dan cinta karena diri-Mu
Cinta karena rindu adalah kesibukanku yang senantiasa mengingati-Mu
Dan cinta karena diri-Mu adalah keadaan-Mu menyingkap tabir hingga kulihat-Mu.
(Pujianku) ini-itu, bukanlah untukku, melainkan semua pujian tersanjung untuk-Mu
Bait ketiga dari syair di atas, Rabiah Al-Adawiyah mengungkapkan cintanya kepada Allah SWT karena (kelak) ia akan melihat Allah, dan cinta seperti inilah yang paling tinggi derajatnya di antara kedua cinta di atas, tegas Imam Al-Ghazali. Lalu pertanyaannya apakah orang mukmin dapat melihat Allah, baik di dunia maupun akhirat?
Ruโyatullah (melihat Allah) di Dunia
Menurut Qadli Iyadh (w. 544H) melihat Allah di dunia adalah sesuatu yang jaiz menurut akal. Menurutnya hal ini tidak ada dalil syaraโ secara pasti yang melarang akan hal ini, selain itu Allah adalah dzat yang wujud dan setiap yang wujud hukumnya jawaz dilihat (Al-Qadli โIyadh, 2013: 249-250). Ia berargumen berdasarkan permintaan Nabi Musa AS kepada Allah agar ia bisa melihat-Nya, seperti dalam QS, Al-Aโraf 143:
Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: "Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau". Tuhan berfirman: "Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi Lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku". Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: "Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama berimanโ.
Merupakan suatu yang muhal bagi nabi apabila ia tidak tahu tentang sesuatu yang jaiz atau tidak bagi Allah. Oleh karena itu, permintaan Nabi Musa (melihat) kepada Allah adalah termasuk sesuatu yang jaโz bagi Allah dan bukan hal yang mustahil. Akan tetapi, permintaan Nabi Musa tersebut merupakan suatu permintaan yang gaib dan tiada yang mampu mngetahuinya melainkan bagi orang yang benar-benar telah diberi pengetahuan oleh-Nya. Maka Allah pun berkata kepada Nabi Musa (ูู ุชุฑุงูู) bahwa kamu tidak akan mampu (kuat) melihat-Ku. Lalu Allah mencontohkan sebuah gunung yang lebih kuat daripada Nabi Musa (dan gunung tersebut pun hancur).
Hal yang sama juga ditegaskan oleh Syekh Ibrahim Al-laqqoni dalam nadzam Jauharatu Al-Tauhid :
ููู
ููููู ุงููู ูููุธูุฑู ุจูุงููุงูุจูุตุงุฑ # ูููููู ุจูููุง ูููููู ููุง ุงููุญูุตุงุฑ
ููู
ุคู
ููู ุงูุฐู ุจุฌุงุฆุฒู ุนูููุช # ูุฐุง ููููู
ูุฎูุชุงุฑ ุฏูููููุง ุซุจุชูุชู
Termasuk jaiz aqli adalah melihat Allah melalui mata kepala bagi orang mukmin, akan tetapi hal itu tanpa kaifiyah dan tanpa batas ata. Hal ini (melihat Allah di dunia) berlaku bagi orang terpilih (Rasulullah).
Mengenai nadzam di atas, Syekh Ibrahim Al-Baiuri menjelaskan bahwa melihat Allah baik di dunia maupun di akhirat termasuk sesuatu yang jaiz aqli, karena Allah adalah dzat yang maujud dan setiap yang maujud sah untuk dilihat, maka Allah sah untuk dilihat. Namun di dunia hanya berlaku bagi Rasulullah SAW saja. (Al-Bajuri, tt: 71). Selanjutnya mengenai khususiyah Rasulullah melihat Allah dengan kedua mata, dalam hal ini terdapat perbedaan di kalangan para ulama:
Pertama, menguatkan pendapat yang menafikan ruโyah bil โain bagi Rasulullah di dunia
Di antara yang berpendapat seperti ini adalah Ibnu Taimiyah dalam Majmuโ Fatawa-nya, seperti berikut ini :
ููุฃูู
ููุง " ุงูุฑููุคูููุฉู " ููุงููููุฐูู ุซูุจูุชู ููู ุงูุตููุญููุญู ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุฃูููููู ููุงูู : " ุฑูุฃูู ู
ูุญูู
ููุฏู ุฑูุจูููู ุจูููุคูุงุฏููู ู
ูุฑููุชููููู " ููุนูุงุฆูุดูุฉู ุฃูููููุฑูุชู ุงูุฑููุคูููุฉู . ููู
ููู ุงููููุงุณู ู
ููู ุฌูู
ูุนู ุจูููููููู
ูุง ููููุงูู : ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฃูููููุฑูุชู ุฑูุคูููุฉู ุงููุนููููู ููุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุฃูุซูุจูุชู ุฑูุคูููุฉู ุงููููุคูุงุฏู . ููุงููุฃูููููุงุธู ุงูุซููุงุจูุชูุฉู ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ูููู ู
ูุทูููููุฉู ุฃููู ู
ููููููุฏูุฉู ุจูุงููููุคูุงุฏู ุชูุงุฑูุฉู ููููููู : ุฑูุฃูู ู
ูุญูู
ููุฏู ุฑูุจูููู ููุชูุงุฑูุฉู ููููููู ุฑูุขูู ู
ูุญูู
ููุฏู ุ ููููู
ู ููุซูุจูุชู ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููููุธู ุตูุฑููุญู ุจูุฃูููููู ุฑูุขูู ุจูุนููููููู . ููููุฐููููู " ุงููุฅูู
ูุงู
ู ุฃูุญูู
ูุฏ " ุชูุงุฑูุฉู ููุทููููู ุงูุฑููุคูููุฉู ุ ููุชูุงุฑูุฉู ููููููู : ุฑูุขูู ุจูููุคูุงุฏููู ุ ููููู
ู ูููููู ุฃูุญูุฏู ุฅููููู ุณูู
ูุนู ุฃูุญูู
ูุฏ ููููููู ุฑูุขูู ุจูุนููููููู ุ ููููููู ุทูุงุฆูููุฉู ู
ููู ุฃูุตูุญูุงุจููู ุณูู
ูุนููุง ุจูุนูุถู ููููุงู
ููู ุงููู
ูุทููููู ููููููู
ููุง ู
ููููู ุฑูุคูููุฉู ุงููุนููููู ุ ููู
ูุง ุณูู
ูุนู ุจูุนูุถู ุงููููุงุณู ู
ูุทููููู ููููุงู
ู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููููููู
ู ู
ููููู ุฑูุคูููุฉู ุงููุนููููู . ููููููุณู ููู ุงููุฃูุฏููููุฉู ู
ูุง ููููุชูุถูู ุฃูููููู ุฑูุขูู ุจูุนููููููู ููููุง ุซูุจูุชู ุฐููููู ุนููู ุฃูุญูุฏู ู
ููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ููููุง ููู ุงููููุชูุงุจู ููุงูุณูููููุฉู ู
ูุง ููุฏูููู ุนูููู ุฐููููู ุ ุจููู ุงููููุตููุตู ุงูุตููุญููุญูุฉู ุนูููู ูููููููู ุฃูุฏูููู ุ ููู
ูุง ููู ุตูุญููุญู ู
ูุณูููู
ู { ุนููู ุฃูุจูู ุฐูุฑูู ููุงูู : ุณูุฃูููุช ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ูููู ุฑูุฃูููุช ุฑูุจููู ุ ููููุงูู : ูููุฑู ุฃููููู ุฃูุฑูุงูู }
Ibarat di atas dapat dipahami bahwa Ibnu Taimiyah menafikan ruโyah bil ain bagi Rasulullah (di dunia) dengan dasar:
- Keterangan yang sahih dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa โRasulullah SAW, telah melihat tuhannya dua kali dengan hatinyaโ. Sedangkan Aisyah menafikan adanya ruโyah. Sehingga kedua keterangan tersebut jika dijamโu (dikompromikan) adalah โAisyah mengingkari adanya ruโyah dengan mata, sedangkan Ibnu Abbas menetapkan adanya ruโyah dengan hati.โ
- Keterangan-keterangan dari Ibnu Abbas tidak ada satu pun redaksi yang sharih yang menunjukkan bahwa Rasulullah pernah melihat Allah dengan mata kepala, melainkan redaksinya bersifat mutlaq ( ุฑุฃู ู
ุญู
ุฏ ุฑุจู) atau ada yang di-qayyidi dengan kata bi fuโadihi (dengan hatinya). Begitu pula keterangan yang diambil dari Imam Ahmad.
Dengan demikian, menurut Ibnu Taimiyah, tidak ada dalil yang menuntut adanya ruโyah bil ain bagi Rasulullah (di dunia), baik Al-kitab Al-sunnah, maupun keterangan dari sahabat. Namun justru yang ada adalah adanya hadis sahih yang menafikan hal itu, seperti hadis yang diriwayatkan dari Abi Dzar;
ุนููู ุฃูุจูู ุฐูุฑูู ููุงูู ุณูุฃูููุชู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ูููู ุฑูุฃูููุชู ุฑูุจูููู ููุงูู ยซ ูููุฑู ุฃููููู ุฃูุฑูุงูู ยป.
Dari Abi Dzar berkata, aku bertanya Rasulullah, apakah engkau pernah melihat Tuhanmu? Rasulullah menjawab โCahaya, bagaimana aku bisa melihat-Nya.โ
Kedua, menguatkan pendapat yang menetapkan adanya ruโyah bil ain bagi Rasulullah di dunia
Di antara yang berpendapat tentang hal ini adalah Imam An-Nawawi dalam Syarah Sahih Muslim-nya, setelah ia memaparkan penjelasan Al-Qadli โIyadh dan Sahibu At-Tahrir tentang ruโyah, bahwa pendapat yang kuat menurut mayoritas ulama, ia berkata;
ููุงููุญูุงุตูู ุฃูููู ุงูุฑููุงุฌูุญ ุนูููุฏ ุฃูููุซูุฑ ุงููุนูููู
ูุงุก : ุฃูููู ุฑูุณููู ุงููููู ุตููููู ุงููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุฑูุฃูู ุฑูุจูููู ุจูุนููููููู ุฑูุฃูุณู ููููููุฉ ุงููุฅูุณูุฑูุงุก ููุญูุฏููุซู ุงูุจูู ุนูุจููุงุณ ููุบูููุฑู ู
ูู
ููุง ุชูููุฏููู
ู . ููุฅูุซูุจูุงุช ููุฐูุง ููุง ููุฃูุฎูุฐูููููู ุฅููููุง ุจูุงูุณููู
ูุงุนู ู
ููู ุฑูุณููู ุงููููู ุตููููู ุงููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุฐูุง ู
ูู
ููุง ููุง ููููุจูุบูู ุฃููู ููุชูุดููููู ููููู
Kesimpulannya: bahwa pendapat yang kuat menurut mayoritas ulama adalah sesungguhnya Rasulullah SAW, melihat Tuhannya dengan dua mata kepala pada malam Israโ berdasarkan hadis Ibnu Abbas dan lainya seperti yang telah disampaikan. Dan mereka (mayoritas ulama)dalam menetapkan hal ini tiada lain kecuali berdasarkan (keterangan) yang didengar dari Rasulullah SAW, ini merupakan hal yang tidak pantas untuk diragukan.
Selain Imam An-Nawawi, Ibnu Abbas (menurut keterangan yang mashur darinya), Abu Al-Hasan Al-Asyโari dan sebagainya juga menetapkan ruโyah bil ain bagi Rasulullah (di dunia) seperti diutarakan oleh Al-Qurtubi dalam Al-Jamiโ li Ahkami Al-Qurโan, Vol VII, hlm 52, sebagai berikut :
ูุนู ุงุจู ุนุจุงุณ ุฃูู ุฑุขู ุจุนูููุ ูุฐุง ูู ุงูู
ุดููุฑ ุนูู. ูุญุฌุชู ูููู ุชุนุงูู:" ู
ุง ููุฐูุจู ุงููููุคุงุฏู ู
ุง ุฑูุฃู ". ููุงู ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุงูุญุงุฑุซ: ุฃุฌุชู
ุน ุงุจู ุนุจุงุณ ูุฃุจู ุจู ูุนุจุ ููุงู ุงุจู ุนุจุงุณ: ุฃู
ุง ูุญู ุจูู ูุงุดู
ููููู ุฅู ู
ุญู
ุฏุง ุฑุฃู ุฑุจู ู
ุฑุชูู. ุซู
ูุงู ุงุจู ุนุจุงุณ: ุฃุชุนุฌุจูู ุฃู ุงูุฎูุฉ ุชููู ูุฅุจุฑุงููู
ูุงูููุงู
ูู
ูุณูุ ูุงูุฑุคูุฉ ูู
ุญู
ุฏ ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ูุนูููู
ุฃุฌู
ุนูู. ูุงู: ููุจุฑ ูุนุจ ุญุชู ุฌุงูุจุชู ุงูุฌุจุงูุ ุซู
ูุงู: ุฅู ุงููู ูุณู
ุฑุคูุชู ูููุงู
ู ุจูู ู
ุญู
ุฏ ูู
ูุณู ุนูููู
ุง ุงูุณูุงู
ุ ูููู
ู
ูุณู ูุฑุขู ู
ุญู
ุฏ ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู. ูุญูู ุนุจุฏ ุงูุฑุฒุงู ุฃู ุงูุญุณู ูุงู ูุญูู ุจุงููู ููุฏ ุฑุฃู ู
ุญู
ุฏ ุฑุจู. ูุญูุงู ุฃุจู ุนู
ุฑ ุงูุทูู
ููู ุนู ุนูุฑู
ุฉุ ูุญูุงู ุจุนุถ ุงูู
ุชููู
ูู ุนู ุงุจู ู
ุณุนูุฏุ ูุงูุฃูู ุนูู ุฃุดูุฑ. ูุญูู ุงุจู ุฅุณุญุงู ุฃู ู
ุฑูุงู ุณุฃู ุฃุจุง ูุฑูุฑุฉ: ูู ุฑุฃู ู
ุญู
ุฏ ุฑุจูุ ููุงู ูุนู
ูุญูู ุงูููุงุด ุนู ุฃุญู
ุฏ ุจู ุญูุจู ุฃูู ูุงู: ุฃูุง ุฃููู ุจุญุฏูุซ ุงุจู ุนุจุงุณ: ุจุนููู ุฑุขู ุฑุขู! ุญุชู ุงููุทุน ููุณูุ ูุนูู ููุณ ุฃุญู
ุฏ. ูุฅูู ูุฐุง ุฐูุจ ุงูุดูุฎ ุฃุจู ุงูุญุณู ุงูุฃุดุนุฑู ูุฌู
ุงุนุฉ ู
ู ุฃุตุญุงุจู (ุฃู ยซ3ยป ู
ุญู
ุฏุง ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู) ุฑุฃู ุงููู ุจุจุตุฑู ูุนููู ุฑุฃุณู
Keterangan dari Ibnu Abbas, sesungguhnya Rasulullah SAW melihat Tuhannya dengan kedua matanya, ini merupakan keterangan yang masyhur darinya, ia berhujjah dengan fiman Allah QS, Al-Najm 11,
โHatinya tidak mendustakan apa yang telah dilihatnya.โโ
Abdullah bin Harist berkata; telah berkumpul Ibnu Abbas dan Ubay bin kaโab, kemudian Ibnu Abbas berkata: adapun kami Bani Hasyim berkata sesungguhnya Muhammad Saw telah melihat Tuhannya dua kali, lalu Ibnu Abbas berkata lagi: tidakkah kalian kagum sesungguhnya (gelar) al-khalil bagi Nabi Ibrahim, dan al-kalim bagi Nabi Musa sedangkan melihat Allah diperoleh Nabi Muhammad SAW, Abdullah bin Kharist berkata: maka bertakbirlah Kaโab, lalu ia berkata; sesungguhnya Allah telah membagi ruโyah dan kalam-Nya antara Nabi Muhammad SAW dan Nabi Musa AS, Allah berbicara kepada Nabi Musa AS dan memperlihatkan Nabi Muhammad SAW kepada-Nya.
Abdul Rozaq telah bercerita sesungguhnya Al-Hasan telah bersumpah atas nama Allah sesungguhnya Muhammad telah melihat Tuhannya. Dan Abu Umar Al-Tholamankiy telah meriwayatkannya dari Ikrimah, dan sebagian mutakallimin meriwayatkannya dari Ibnu Masโud, sedangkan riwayat pertama lebih mashur.
Ibnu Ishaq telah meriwayatkan sesungguhnya Marwan bertanya kepada Abu Hurairah โApakah Muhammad telah melihat tuhannya?โ Abu hurairah menjawab โyaโ.
An-Naqqosyi telah meriwayatkan dari Ahmad bin Hanbal, sesungguhnya ia berkata; aku berkata berdasarkan hadisnya Ibnu Abbas โdengan matanya ia (Muhammad) telah melihat Tuhannyaโ sampai-sampai napas-napas (Imam Ahmad) terputus (ketika mengatakannya).
Dan sesuai pendapat inilah pendapatnya Imam Abu Hasan Al-Asyโari beserta sekelompok sahabatnya sesungguhnya Nabi Muhammad SAW telah melihat Allah dengan penglihatan melalui kedua mata kepalanya.
Namun, bagi yang menetapkan adanya ruโyah, menurut Said Faudah, bukan berarti Rasulullah mengetahui hakikat Allah, akan tetapi bertambahnya idrak (memahami dan mengenal) kepada Allah pada diri Rasulullah, dan idrak ini pun tidak sampai pada batas ihathah (meliputi) terhadap kesempurnaan Allah SWT (Said Faudah, tt: 632). Di samping itu ihktilaf di antara para sahabat hanya terhadap โterjadinya ruโyah pada diri Rasulullah di duniaโ bukan mengenai ke โjawazโan ruโyah di dunia, karena tidak ada keterangan sahih yang menjelaskan adanya ikhtilaf di antara sahabat mengenai โkejawazanโ ruโyah di dunia, tegas Said Faudah.
Ketiga, tawaqquf di antara keduanya
Di antara ulama yang menguatkan hal ini, menurut Ibnu Hajar adalah Imam Al-Qurtubi di dalam kitabnya Al-Mufham karena menurutnya tidak ada dalil pasti yang menjelaskan masalah ini, di samping itu, masalah ini adalah masalah โkeyakinanโ maka dibutuhkan adanya dalil qatโi (Ibnu Hajar, Vol VIII : 608). (Khifni Nasif, Sekretaris Aswaja Center GP Ansor Kudus, Pengajar di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo Kudus) sumber : nu.or.id